Konstruksi Baja Untuk Pemasangan Panel Lantai

Konstruksi Baja Untuk Pemasangan Panel Lantai

Konstruksi Baja Untuk Pemasangan Panel Lantai – Saat sudah banyak sekali struktur bangunan yang memakai konstruksi baja. Karna prosesnya dapat dilakukan dengan cepat dan cocok untuk metode fast track, dalam sekala besar harganya juga lebih murah dikarenakan waktu pengerjaannya bisa dibilang relatif singkat. Tetapi pelaksanaannya sangat membutuhkan tingkat keakuratan yang tinggi.

Baja sendiri memiliki ciri khas yang dapat menguntungkan dalam bidang konstruksi dibandingkan dengan material beton. Seperti pembuatannya, profil baja juga dibuat di pabrik (fabricated) sehingga kualitas  mutu dan ukuran antara satu profil dengan profil lainnya bisa dikendalikan disebut (homogenitas tinggi). Berat jenis pada baja juga lebih ringan bila dibandingkan beton, hal ini dapat menguntungkan karena mengurangi berat keseluruhan bangunan yang pada akhirnya dapat mengurangi juga beban gempa yang terjadi.

Konstruksi Baja Untuk Pemasangan Panel Lantai

Konstruksi Baja Untuk Pemasangan Panel Lantai

Dari manfaat yang dijelaskan tersebut, baja juga memilki beberapa kerugian yaitu perawatan yang perlukan harus secara lebih rutin dan khusus dibandingkan dengan beton, khususnya yang berhubungan langsung dengan udara dan air. Resiko menekuk yang terjadi pada baja juga besar dikarenakan salah satu kelemahan baja yaitu terjadinya tekukan pada penampang langsing. Baja sendiri juga memiliki ketahanan  terhadap suhu tinggi yang mungkin lemah, jadi hal ini akan bebahaya apabila bangunan mengalami kebakaran.

Untuk membuat kedudukan panel lantai bisa juga menggunakan konstruksi baja, dengan menggunakan konstruksi baja ini bisa lebih hemat waktu dalam memalukan pengerjaan balok untuk dudukan panel lantai.

Macam-macam jenis profil baja yang biasanya digunakan untuk dudukan panel lantai berikut :

  1. Baja Wide Flange (BWF) dengan lebar flange 15cm.

WF bisa digunakan untuk : balok, kolom, tiang pancang, top dan botto chord member pada truss, composite beam atau column, kantilever kanopi, dll.

  1. Baja H – Beam dengan lebar flange 15cm.

H Beam bisa digunakan untuk : balok, kolom, tiang pancang, top dan botto chord member pada truss, composite beam atau column, kantilever kanopi, dll.

Untuk penggunakan konstruksi pada baja alangkah baiknya bila direncanakan dengan perhitungan struktur yang sangat akurat untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari setelah konstruksi baja digunakan sebagai struktur bagunan tersebut.

 

About the author

CVKarismaLestari administrator

Leave a Reply